Hallo teman TanyaPsikologi!!! Apakah kamu merasa butuh akan kehadiran orang lain, entah untuk membantu atau sekedar menemanimu? Apakah kamu pernah merasa ingin memiliki seseorang atau ingin dimiliki? Apakah kamu pernah merasa ingin dekat dengan seseorang? Tentunya pernah dong. Setiap orang pasti pernah merasa ingin terhubung dengan orang lain karena pada dasarnya kita (manusia) adalah makhluk sosial. Semenjak lahir kita sudah menunjukkan sifat sebagai makhluk sosial, seperti butuh orang tua untuk memenuhi kebutuhan dan mengusir ketidaknyamanan.
Sifat ini juga membuat bersosialisasi merupakan motivasi dasar yang dimiliki setiap manusia. Namun tidak semua orang dapat bersosialisasi dengan baik. Ketidakmampuan tersebut tak jarang menyebabkan seseorang merasa kesepian yang selanjutnya dapat menimbulkan gangguan seperti depresi.
Bentuk keterhubungan antar orang berbeda-beda, ada yang berupa hubungan keluarga, hubungan profesional (seperti, murid dan guru, atasan dan bawahan, rekan bisnis, dll), hubungan pertemanan, dan tidak ketinggalan hubungan romantis. Kemudian apa saja yang membuat kita dapat terhubung satu sama lain? Sssttt, kita udah pernah bahas ini juga loh di postingan instagram TanyaPsikologi (disini).

David G. Myers dalam bukunya yang berjudul Social Psychology menjelaskan beberapa faktor yang membuat kita menyukai atau mencintai orang lain. Ingin tau apa aja faktor-faktornya? Check it out!!! 

  1. Familiarity
    Kita cenderung akan tertarik pada seseorang yang telah kita kenal atau dekat. Kedekatan akan memunculkan rasa suka karna adanya kesediaan atau availability dari orang tersebut. Kedekatan dapat diartikan secara fisik, demografis, atau seringnya kita terpapar dengan orang tersebut, seperti intensnya menjalin komunikasi.
  2. Physical Attractiveness
    Berdasarkan suatu studi, daya tarik fisik seperti kecantikan/ketampanan dan tubuh yang proporsional merupakan hal yang harus diperhatikan meskipun sifatnya subjektif atau berbeda pada masing-masing orang. Adakah teman TP yang pernah mendengar kalimat “kalau cewek suka cowok karna karakternya, sedangkan cowok suka cewek karna penampilannya”? Adakah yang setuju dengan pendapat tersebut? Hasil studi menunjukkan bahwa orang yang berpenampilan menarik cenderung dinilai pintar, sukses, bahagia, percaya diri dan memiliki kemampuan sosial yang baik. Tenang, penampilan bukan selalu terkait bentuk fisik yang ideal kok, tapi terkait bagaimana kita ingin dipandang dan menampilkan diri kita kepada orang lain.
  3. Similarity vs Complimentary

Ketika kita menyukai diri kita, kemungkinan besar kita akan menyukai orang
lain yang memiliki kesamaan dengan kita. Namun sebaliknya, apabila kita
tidak menyukai diri kita maka kita akan cenderung menyukai orang yang
dapat melengkapi kita. Orang yang menyukai dirinya juga cenderung akan
optimis dan menghargai hubungannya dengan orang lain. Sedangkan orang yang selalu melihat kekurangan akan merasa insecure dengan hubungannya.

  1. Liking Those Who Like Us
    Kita cenderung akan suka kepada orang yang menyukai atau menunjukkan sikap positif kepada kita. Sebaliknya, kita tidak akan suka kepada orang yang menunjukkan sikap buruk kepada kita. Lalu, mungkin ada yang bertanya bagaimana dengan istilah “benci menjadi cinta?” Apakah teman-teman TP ada yang mengalami hal ini? Nah, hal ini disebabkan oleh faktor lain yang mendominasi ketertarikan kita kepada orang lain, seperti intensitas berinteraksi atau sifat yang saling melengkapi.
  2. Relationship Reward
    Jika suatu hubungan memberikan benefit atau keuntungan yang lebih banyak dari cost yang dikeluarkan, maka kita akan mempertahankan hubungan tersebut. Keuntungan yang dimaksud bukan hanya terkait dengan materi ya, tapi juga secara emosional seperti perhatian, support, rasa nyaman, dll.  Jadi, itu dia faktor-faktor yang bikin kita suka atau ingin menjalin hubungan dengan orang lain. Faktor apa nih yang membuat kamu suka sama doi? Eits, tapi sekali lagi, faktor di atas bukan cuma faktor terkait hubungan romantis yaa

Untuk info bermanfaat lainnya Teman TP bisa follow Instagram @tanyapsikologi
Untuk konsultasi online Teman TP bisa kunjungi tanyapsikologi.id
Untuk tanya-tanya Teman TP bisa hubungi +6285841682145
Penulis: Dilla Arnanda

Referensi: Myers, D. G. (2013). Social Psychology 12th Edition . US: McGraw Hill.