Sejak kecil kita dibiasankan untuk meminta maaf apabila melakukan kesalahan. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, beberapa dari kita tidak mampu untuk meminta maaf bahkan jika kita berada di posisi yang salah. Meminta maaf bukan lagi sebuah hal yang simpel.

Dikutip dari laman psychologytoday.com bahwa pada dasarnya meminya maaf tidak hanya membutuhkan kemampuan verbal tetapi turut melibatkan proses psikologis. Hal tersebut yang menyebakan sebagian dari kita sulit meminta maaf. Berikut 5 alasan sulit meminta maaf.

1. Meminta maaf berarti mengakui kesalahan

Sebagian orang memisahkan perilaku buruk dengan karakteristik diri. Meminta maaf mengancam identitas diri. Jika hal buruk terjadi, orang-orang ini cenderung menyalahkan orang lain/kondisi. Bagi mereka sulit meminta maaf karena minta maaf berarti mengakui kesalahan dan mengonfirmasi bahwa diri mereka buruk.

2. Meminta maaf memalukan

Meminta maaf membuat membuat seseorang merasa dirinya memalukan. Bagi mereka, rasa malu yang ditimbulkan lebih toxic daripada perasaan bersalah sehingga sulit bagi mereka untuk meminta maaf.

3. Meminta maaf akan menimbulkan konflik

Sebagian orang berpikir meminta maaf akan menimbulkan konflik baru atau memperburuk suasana, sehingga mereka memilih untuk diam dan membiarkan waktu memperbaiki segalanya.

4. Meminta maaf berarti bertanggungjawab atas kesalahan

Dalam hubungan keluarga atau suami istri biasanya meminta maaf sulit dilakukan karena berarti kita bertanggungjawab atas kesalahan. Kita akan bertanggungjawab dalam memperbaiki segalanya hingga menjadi seperti semula.

5. Menolak meminta maaf adalah bentuk pertahanan diri

Sebagian orang menghubungkan permintaan maaf dengan harga diri. Jika mereka meminta maaf, harga diri mereka akan jatuh. Alhasil, mereka menolak meminta maaf sebagai bentuk pertahanan diri.

Nah, di atas merupakan 5 alasan yang menyebabkan seseorang sulit meminta maaf. Selama alasan-alasan di atas masih ada dalam benak kita, meminta maaf akan menjadi hal yang sangat sulit dilakukan. Oleh sebab itu, sebaiknya jika kita melakukan kesalahan, kita menerima kesalahan tersebut dan segera meminta maaf.

Jika ternyata kita sudah meminta maaf tetapi keadaan tidak kunjung membaik atau permintaan maaf kita ditolak, pahami bahwa setiap kesalahan membutuhkan waktu untuk perbaikan dan setiap orang butuh waktu untuk memaafkan. Terkadang ada kesalahan-kesalahan yang membutuhkan lebih dari 1 pemintaan maaf.

Sumber Tulisan: mommiesdaily.com

Penulis: Nisa Rengganis